Dana Kapitasi Di Kabupaten Lebak dan Pandeglang Tahun 2017

Sahabat JAGA pada 23 Maret 2018 dibaca 609 kali
#kesehatan 

Dana Kapitasi adalah dana Dana kapitasi JKN adalah dana yang dibayarkan oleh BPJS Kesehatan kepada puskesmas sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan bagi peserta JKN. Sumber dana kapitasi berasal dari hasil pengelolaan dan pengembangan dana iuran peserta JKN oleh BPJS Kesehatan.

Tarif kapitasi JKN untuk setiap puskesmas ditentukan oleh BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan melalui mekanisme seleksi dan kredensial dengan mengacu pada Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 2 Tahun 2015 tentang Norma Penetapan Besaran Kapitasi dan Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Dana kapitasi JKN dibayarkan dimuka setiap bulan tanpa memperhitungkan banyaknya pasien peserta JKN yang berobat dan jenis pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas. Dari dana kapitasi inilah pemerintah daerah, melalui puskesmas, memperoleh dana untuk pelayanan kesehatan kepada pasien peserta program JKN.

Grafik berikut menunjukkan jumlah Dana Kapitasi yang diberikan BPJS Kesehatan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak dan Pandeglang Provinsi Banten sepanjang 2017.

Apa yang dapat dilakukan masyarakat ?

Dalam keadaan biasa, kenaikan jumlah peserta umumnya tidak lebih dari 10 % per bulan. Kenaikan penerimaan dana kapitasi yang signifikan biasanya disebabkan adanya kegiatan upaya kesehatan yang agak masif yang dilakukan pada kurun waktu tersebut. Masyarakat bisa ikut memastikan bahwa memang ada upaya kesehatan yang masif pada bulan dimana terjadi kenaikan signifikan penerimaan dana kapitasi.