Bandung Jadi Percontohan Aplikasi ‘JAGA’ KPK

Walikota Bandung, Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, Bandung terpilih menjadi salah satu kota percontohan untuk uji coba aplikasi “JAGA”. Aplikasi yang diinisiasi oleh KPK RI tersebut digunakan untuk transparansi pelayanan publik pada masyarakat.

“Aplikasi bisa diakses warga, dimana warga bisa mengecek data sekolah, anggaran sekolah, bisa komplain juga di situ. Kalau ada pelanggaran nanti dimonitor oleh KPK, juga pelayanan dan lain-lain lah kira-kira begitu,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (17/10/2016).

Seperti yang diharapkan KPK pada situs resminya bahwa Aplikasi JAGA menjadi representasi kepedulian masyarakat dan pemerintah daerah terhadap sekolah, rumah sakit, puskesmas dan PTSP untuk menyediakan layanan dan fasilitas yang bersih dan transparan.

Meski Bandung sendiri kata Emil sudah memiliki pengawasan angaran pendidikan di sekolah-sekolah namun untuk Puskesmas, Rumah Sakit, harus tahu bahwa ada monitoring pelayanan publik dan monitoring keuangan lain yang mewajibkan transparansi dan dapat diakses oleh warga.

Sementara untuk aplikasi pelayanan publik yang memang sudah dimiliki Bandung sebelumnya, akan dipadukan dengan aplikasi JAGA.

“Kita ngelink SIP (Sistem Informasi Penilaian), kalau mau ngecek integritas Lurah dan Camat, kemudian kita mau ada JAGA tadi, kemudian ada Lapor juga jadi sistem itu saling terkoneksi satu sama lain,” terangnya.

Selain Kota Bandung, kota yang dijadikan percontohan yakni; Jakarta, Semarang dan Surabaya. Rencananya aplikasi tersebut akan dilaunching (9/12/2016) di Istana Negara, Jakarta. (Ratih Prastika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *