KPK Gandeng 4 Lembaga Luncurkan Aplikasi JAGA

Memudahkan masyarakat memonitor fasilitas dan layanan publik, KPK menggandeng 4 lembaga yakni Kemendagri, BPJS Kesehatan, Kemenkes dan Kemenristek Dikti akan segera luncurkan aplikasi JAGA.

Aplikasi yang rencananya resmi diluncurkan pada Desember 2016 meliputi jaga sekolahku, jaga rumah sakitku dan jaga puskesmasku.

“Aplikasi ini memungkinkan masyarakat melihat informasi yang ada terkait tiga layanan publik tersebut,” kata Hary Budiarto, Deputi Informasi dan Data KPK.

Selain itu masyarakat juga bisa sekaligus memberikan saran maupun melaporkan kasus yang ada di lapangan terkait 3 layanan tersebut.

Sekjen Kemenristek Dikti Ainun Naim mengapresiasi diluncurkannya aplikasi JAGA ini. Aplikasi tersebut menjadi bagian dari transparansi informasi sehingga masyarakat bisa ikut membantu memberantas tindak korupsi.

“Kami sendiri juga melakukan upaya-upaya pemberantasan korupsi seperti edukasi, pendidikan anti korupsi, transparansi penggunaan anggaran hingga riset terkait bagaimana memberantas dan mencegah tindak korupsi,” jelas Ainun.

Sementara itu Menkes Nila F Moeloek mengatakan aplikasi JAGA akan membuat kerjasama antara Kemenkes dengan KPK semakin erat.

“Kita sudah jalin kerjasama cukup lama dan dengan aplikasi JAGA ini tentu harapannya akan terus meningkat,” katanya.

Aplikasi JAGA itu sendiri memiliki dua sisi fungsi. Yakni sebagai edukasi kepada masyarakat terkait layanan publik yang baik dan sisi lain sebagai pengawas  internal lembaga.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *